Senator Wedakarna Resmikan Sanggar Pamujan Siwa Budha di Candi Prambanan - "DiDo Nogata BAKISAN"
Headlines News :
Home » » Senator Wedakarna Resmikan Sanggar Pamujan Siwa Budha di Candi Prambanan

Senator Wedakarna Resmikan Sanggar Pamujan Siwa Budha di Candi Prambanan

Written By GDE NOGATA on Kamis, 09 Juli 2015 | 23.09

ATAS doa restu seluruh umat Hindu Indonesia, bertepatan Purnamaning Kasa, 1 Juli 2015, umat Siwa Budha Nusantara berhasil mendirikan sebuah tempat ibadah di kawasan Candi Prambanan, Jawa Tengah. Bagaimana tidak, selama 70 tahun Indonesia merdeka, umat Hindu mendambakan adanya tempat khusus bagi umat untuk bersembahyang. Mengingat, selama ini banyak kesulitan dan kendala yang dialami oleh umat saat tirtayatra ke Prambanan.



Kini, masalah itu telah diselesaikan dengan bijak dengan fasilitasi Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III yang langsung turun tangan menangani hal tersebut. Demikian diungkapkan Ketua PHDI Jawa Tengah (Jateng) I Nyoman Surahata, SH, Spn, MM. "Umat Hindu merasa bersyukur memiliki pemimpin seperti Shri Gusti Arya Wedakarna. Beliau langsung ikut memberikan dan 
memfasihtasi usulan PHDI Jateng ini. Agenda rapat di Jakarta dilanjutkan dengan agenda pertemuan di Prambanan pada 18 Juni. Dan tidak sampai dua minggu setelah rapat tersebut, akhirnya pada 1 Juh Sanggar Pamujan Siwa Budha langsung berdiri di kompleks Candi Prambanan. Saya sangat bangga pada Gusti Arya. Pekerjaan tertunda 70 tahun, bisa dituntaskan beliau dalam dua minggu. Salut, dan inisiatif baik dari PT Taman Wisata Candi sangat luar biasa. Semoga Tuhan membalas kebaikan mereka," ungkapnya.
Pujian atas peran DPD-RI juga disampaikan Ida Pedanda Sebali Tianyar, yang menyatakan bahwa tanpa peran leluhur, tidak mungkin hal ini terwujud. "Saya percaya di belakang Gusti Weda­karna ada leluhur yang membantu. Ratu juga senang bisa diundang beliau untuk hadir muput karya, mendem padagingan, sekaligus meresmikan Sanggar Pamujan. Lokasinya sangat strategis di dekat pintu masuk candi dan dekat dengan zona I. Kini umat Siwa Budha bisa berdoa dengan tenang," ungkap Ida Pedanda Sebali.

Terhadap hal ini, Senator DPD-RI berbicara dengan segala kerendahan hati, bahwa semua yang dilakukan dirinya adalah tugas dan tanggung jawab seba-gai Senator RI dan bentuk persembahan pada leluhur. "Tugas saya adalah menye-lesaikan revolusi dan pekerjaan leluhur yang tertunda. Ini prestasi DPD-RI seba-gai problem solver.  







Saya ucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, Prof. Kacung Maridjan (Dirjen Kebudayaan Kemendikbud), GKR Hemas (Pimpinan DPD-RI), Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng), PHDI Jateng, The Hindu Cen­ter Jateng, juga manajemen PT Taman Wisata Candi yakni Lailly Prihatin-ingtyas (Dirut PT Taman Wisata Candi), Retno Hardiasiwi (Direktur Operasional Candi Prambanan), Achmad Muchlis (Ka Satuan Pengawas Prambanan), Pujo Suwarno (Sekretaris Perusahaan), Priyo Santosa (Ka Unit Prambanan) dan Badan Pelestari Cagar Budaya. Juga, semua pihak yang sudah membantu perjuangan ini. Kita patut angayubagia," ungkap Senator RI Gusti Wedakarna. (ad644) 
Balipost - Jumat, 10 Juli 2015, halaman.- 2.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. "DiDo Nogata BAKISAN" - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template