DETIK-DETIK PERAYAAN WAISAK - "DiDo Nogata BAKISAN"
Headlines News :
Home » » DETIK-DETIK PERAYAAN WAISAK

DETIK-DETIK PERAYAAN WAISAK

Written By GDE NOGATA on Selasa, 05 Juni 2018 | 02.02

Detik-Detik Waisak

ANDREAS YOGA

Infografik - Harian Kompas, 29 Mei 2018 




Hari Trisuci Waisak mengingatkan pada tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama, yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna, dan kemangkatan beliau. Tiga peristiwa suci itu terjadi pada hari purnama sidi, bulan Waisak atau bulan Mei, dengan tahun berturut-turut 623 SM, 588 SM, dan 543 SM.

Waisak merupakan hari raya terbesar dan diperingati oleh hampir 500 juta pemeluknya di banyak negara di Asia. Di Indonesia mulai dirayakan sejak 1930 dan diselenggarakan di Borobudur. Di tempat sama mulai dirayakan secara umum pada 1953, disusul peringatan secara besar-besaran dan bersifat nasional enam tahun kemudian dengan hadirnya biksu dari Burma, Thailand, Sri Lanka, Kamboja, dan Jepang.

Peringatan Waisak selalu diikuti tradisi pengambilan air suci dari Umbul Jumprit di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Bagian sakral dari puja bakti detik-detik Waisak ini adalah pembagian air suci atau berkah Waisak kepada seluruh umat.
(GUNAWAN KARTAPRANATA, ANDRI RENO SUSETYO)











Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Mengenai Saya

Foto saya
Karmany eva dhikaras te ma phalesu kadachana, ma karma phala hetur bhur ma te sango ,stv akarmani. (Bhagawadgita II.47) Artinya : Kewajibanmu kini hanya bertindak, bekerja tanpa mengharapkan hasil, jangan sekali pahala jadi motifmu, jangan pula berdiam diri jadi tujuanmu.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. "DiDo Nogata BAKISAN" - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template