Sanggar Pamujan Siwa-Budha di Prambanan Disucikan - "DiDo Nogata BAKISAN"
Headlines News :
Home » » Sanggar Pamujan Siwa-Budha di Prambanan Disucikan

Sanggar Pamujan Siwa-Budha di Prambanan Disucikan

Written By GDE NOGATA on Senin, 07 September 2015 | 01.31



KLATEN (KRjogja.com) - Ratusan umat Hindu Jateng-DIY hari ini (1/7) berkumpul di Sanggar Pamujan Siwa-Budha, Pelataran Timur Candi Prambanan, mengikuti upacara Melaspas, atau penyucian bangunan yang baru saja didirikan tersebut. Upacara dipimpin President of World Hindu Parisad, Ida Pedanda Sebali Tianyar Arimbawa.

Turut hadir mengikuti upacara, anggota DPD RI asal Bali Arya Wedakarna, yang memercikkan tirta penyucian di kawasan sanggar. Ia merasa senang, karena dengan berdirinya sanggar ini, karena umat dapat beribadah secara bebas di kawasan candi , tanpa harus membayar tiket masuk.

"Selama ini banyak keluhan dari masyarakat Hindu Budha yang merasa dipersulit dengan birokrasi jika ingin berdoa secara spontanitas di area candi. Dengan adanya sanggar ini umat dapat beribadah bebas seperti di Bali," ujarnya.

Wedakarna yang juga Wakil Ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara ( FSKN ) ini menjelaskan, pihaknya menghaturkan terimakasih pada Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas yang telah mendukung pendirian Sanggar Pamujan atau Pendopo untuk umat Hindu dan Budha di Zona II Candi Prambanan ini. Begitu juga dengan rencana pemanfaatan tanah keraton untuk pembangunan tempat spiritual didaerah pantai selatan Yogya (wilayah Parangkusumo).

"Semua akan kami tindaklanjuti dengan kerjasama yang baik dengan semua pihak terutama PHDI (Parisadha Hindu Dharma Indonesia), Kementrian Agama RI dan juga Komite III DPD RI Bidang Agama dan Budaya," pungkasnya. (Den - Kedaulatan Rakyat, Yoyakarta)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Mengenai Saya

Foto saya
Karmany eva dhikaras te ma phalesu kadachana, ma karma phala hetur bhur ma te sango ,stv akarmani. (Bhagawadgita II.47) Artinya : Kewajibanmu kini hanya bertindak, bekerja tanpa mengharapkan hasil, jangan sekali pahala jadi motifmu, jangan pula berdiam diri jadi tujuanmu.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. "DiDo Nogata BAKISAN" - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template